Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SOP Driver PT. Sukses Daya Mandiri
1. Wajib mengisi absen amano / Fingerprint yang telah disediakan ketika dilokasi kerja yang telah ditentukan.
2. Mengisi form lembur/ overtime dan ditanda tangan oleh user dilokasi.
3. Wajib datang tepat waktu ke lokasi yang dituju.
4. Melaporkan / koordinasi mengenai kendaraan .
5. Menjaga kerapihan diri dan attitude.
6. Menjaga kebersihan kendaraan operasioanal.
7. Merawat kendaraan/ mobil operasional  user.
8. Memakai seragam yang telah disediakan.
9. Siap untuk di seluruh lokasi klient.
10. Menguasai mobil / kendaraan manual dan matic.
11. Mengetahui area perjalanan pekerjaan yang diembannya. dan sekitarnya.
12. Memberikan pelayanan yang terbaik dalam ber kendaraan dilokasi.
13. Menggunakan nama tag yang telah dibuat saat backup.
14. Bila cuti/ ijin/ sakit konfirmasi terlebih dahulu ke User dan Divisi Driver PT SDM.
Tugas tugas serta pekerjaan Driver
1. Supir wajib menjalankan tugas yang diberikan oleh user atau klient.
2. Supir wajib merawat dan menjaga serta bertanggung jawab atas mobil yangdikendarainya setiap hari :
a. Pemeriksaan rutin kendaraan bermotor/mobil sebelum bertugas.
b. Periksa perlengkapan pendukung operasioanal kendaraan.
c. Kebersihan serta kenyamanan kendaraan.
d. Keamanan kendaraan dalam berkendara dijalan.
e. Melaporkan kepada pihak yang berkompeten mengenai kondisi kendaraan.
3. Tidak diperkenankan merokok didalam kendaraan maupun dilingkungan kerja.
4. Supir wajib memakai pakaian seragam serta tanda pengenal secara bersih dan rapi.
5. Menjaga kerahasiaan pihak pertama atau klient dimana ditempatkan meskipun sudahtidak bertugas lagi.
6. Melakukan tugas tugas lain yang ditentukan kemudian sepanjang tidak bertentangandengan tujuan pokok.
NB.Bila dari setiap point peraturan Driver PT.SDM diatas dilanggar maka akan diberikan sangsisesuai ketentuan yang berlaku di PT.SDMMemang kejadian suatu kecelakaan transportasi tidak bisa dihindarkan dari beberapapenyebabnya yang dipengaruhi oleh faktor prasarana (misal kondisi jalan, marka dll),faktorlingkungan atau cuaca, kelengkapan peraturan (termasuk penegakan peraturannya) danterakhir karena faktor manusia, dan untuk selanjutnya tulisan ini hanya berhubungan denganfaktor manusia terutama Anda sebagai pengemudi.
Faktor Manusia terutama pengemudi atau pilot atau Nahkoda adalah faktor yang sangatmenentukan dalam hal keselamatan transportasi, mereka biasanya dibekali pengetahuan yang cukup tetang alat transportasi yang digunakannya termasuk harus memiliki izin “mengemudi”,
berpengalaman, dan tahu secara garis besar mengenai permesinan, misal tahu akan kondisiban, tahu masalah cuaca, kondisi kendaraan (rem, air radiator, instrumnetasi, alat navigasi,lampu, alat darurat, dsb).
Untuk memudahkan cerita, maka tulisan ini akan lebih membahas masalah tranportasi darat yaitu :
kendaraan “mobil” dan di dunia mengemudi (berkendaraan) saat ini dikenal 3 (tiga) macam cara mengemudi, yaitu:
“Safety Driving”, Aggressive Driving” dan“Defensive Driving”,dan sebagai gambaran bisa dijelaskan sebagai berikut:
Safety Driving, adalah mengemudi dengan selamat (mungkin secara guyon sering terbaca dibelakang bak truck yang tertulis “utamakan selamat”), dimana pengemudi dalam
berkendaraan hanya mengutamakan selamat bagi dirinya pribadi tanpa memperhatikansekitarnya, tapi biasanya pengemudi masih memperhatikan peraturan dan cara mengemudiyang baik, Safety driving ini biasa dilakukan oleh pembalap.
Aggressive Driving, yaitu mengemudi dengan lebih “garang/menyerang/ugal – ugalan”,
kadang pengemudi sudah tidak memperhatikan peraturan, dan sangat membahayakanpemakai jalan lain, cara mengemudi ini biasanya sudah tidak peduli dengan apapun.– Defensive Driving, adalah mengemudi dengan cara aman, dengan banyak mengalah,selain cara mengemudi ini akan aman bagi dirinya juga aman bagi pengguna jalan lainnya,
sering sebagai moto mereka adalah ‘utamakan keselamatan”
 
Definisi yang diberikan oleh “National Safety Council’s Defensive Course (USA)”mengenaidefensive driving adalah “driving to save lives, time, and money, in spite of the conditions
around you and the actions of others”, mungkin secara terjemahan bebasnya adalah sebagaiberikut, defensive driving adalah “untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, tanpa memperdulikan kondisi dan tindakan orang lain”, atau dengan kata l
ain meskipun kondisi jelek,cuaca tidak mendukung, tindakan orang lain sangat membahayakan, tetapi kita mengemudiharus tetap tenang dan menghindarkan diri dari kemungkinan terjadi kecelakaan.
Beberapa saran dalam melaksanakan Defensive Driving adalah:Tahap persiapan:
– Kondisi Kendaraan, misalnya sebelum melakukan perjalanan, cek dan test setiap
peralatan yang ada di mobil anda, misalnya: Kondisi rem, tanda lampu “sign”, lampu mobil,klakson, kondisi ban termasuk bunganya (biasanya masih diatas 1 mm tebal bunganya), olimesin, oli rem, air pendingin, kondisi wiper, dan lain sebagainya terakhir kap mesin harus sudahrapat.
– Kondisi Peralatan, apakah spare part (minyak rem, ban cadangan, air accu, dll tersedia),alat P3K, Sabuk Pengaman, tools, segitiga pengaman, dan lain sebagainya.
– Kondisi Pengemudi, apakah sudah makan, tidak sakit/fit, sudah tidur cukup, tidak lupamembawa SIM dan STNK yang masih berlaku, memakai baju yang tidak mengganggu dan lain sebagainya.
Kondisi jalan dan Peraturan:
– Yang paling utama adalah taat pada peraturan lalulintas, mengerti akan arti dari marka jalan, perhatikan kondisi jalan, tahu dengan pasti tujuan Anda mau kemana.Saat Mengemudi:
Hindari pengemudi lain yang aggressive (”ugal-ugalan”), sebagai contoh dibelakang Anda ada kendaraan yang terlalu mepet, sebaiknya Anda menghindar dan mempersilahkanpengemudi itu menyusulnya (menyalip), karena bila sesuatu terjadi misalnya saat adanyapengereman mendadak, maka sudah pasti mobil yang dibelakang Anda tersebut akan menabrak kendaraan Anda.
– Turuti aturan lalulintas yang berlaku saat itu, misal berusaha turunkan kecepatan selaludibawah kecepatan maksimum yang diperbolehkan, dlsb.– Hindari pandangan yang terhalang, misalnya Anda sedang mengemudi dibelakang
container, sehingga pandangan sangat tertutup oleh bak konteiner (”seperti menghadap tembok”) maka Anda harus berusaha menghindarinya dengan pindah jalur.
Turuti “aturan 2 (dua) detik” (two-second rule) yaitu aturan menjaga jarak di jalan arteri atau jalan biasa, dimana mobil Anda dengan mobil di depan anda harus berjarak selama 2 (dua) detik, mengukurnya misal ada kendaraan didepan Anda melewati suatu tiang maka saatkendaraan Anda sampai di tiang tersebut harus dicapai dalam dua detik, tetapi jarak ini harusbertambah menjadi lebih lama (3, 4, 5 detik) bila kecepatan menjadi lebih kencang misalnyasaat mengemudi di jalan tol.
– Menurut teorinya ada 8 (delapan) rahasia mengemudi supaya selamat (diambil dari
“http://kidshealth.org”), yaitu:
 
o Utamakan Keselamatan, janganlah berpikiran atau mempunyai niat agresif dalam
mengemudi (”jangan ugalugalan”)
 
o Perhatikan sekitar Anda, misal ada pengemudi yang ugal-ugalan, maka patut dihindari olehAnda sebagai pengemudi yang sadar (tidak ikut gila).
o Jangan tergantung dari Pengemudi lain, maka janganlah sekali kali memperkirakan tindakan pengemudi kendaraan lain, seperti memperkirakan kendaraan itu pasti belok kiri maka kita kekanan.
o Selalu mempunyai jalan keluar, misal saat ada pengereman mendadak maka bisa
menghindarinya.
o Ikuti Aturan 2 (dua) detik, yaitu menjaga jarak sepanjang dua detik dengan kendaraan didepannya, bila di tol maka aturan menjadi aturan 4 (empat) detik, atau bahkan menjadi aturan5 (lima) detiko Hindari resiko, sebagai pengemudi harus bisa membaca resiko yang bisa terjadi dan segerahindari resiko itu.
o Fokus mengemudi, hindari mengemudi sambil mengobrol ,makan, minum atau berbicaralewat telpon, sebaiknya betul betul focus mengemudi.Yang perlu diingat saat mengemudi adalah Anda adalah bagian dari masyarakat jalanan yangsaat itu Anda berada, maka Anda harus berprinsip bahwa Anda adalah pengemudi yangmembawa kebaikan bagi semua orang disamping buat Anda sendiri serta Keluarga Anda, ingatIstri Anda, Orang tua, dan Anak Anda selalu mendambakan Anda selalu berada di tengah-tengah mereka, kenapa kita harus bertindak konyol dengan mempertaruhkan nyawa ataubadan Anda sendiri. Kendali ada ditangan Anda.
Selamat Mengemudi dengan Aman, “UTAMAKAN KESELAMATAN”.
Salam
PT. Sukses Daya Mandiri